POKDARWIS DAN WISATA GEGARA

Karangdempel,Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) merupakan kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku pariwisata yang memiliki kepedulian dan tnggung jawab serta berperan sebagai penggerakdalam mendukung dan terciptanya ekonomi masyarakat setempat dan berkembangnya kepariwisataan dalam meningkatkanpembangunan daerah melaluipariwisata dan manfaat bagi warga sekitar.

Pokdarwis juga harus memacu peran dan partisipasi masyarakat dalam membangun potensi wisata yang memiliki desanya sehingga pengetahuan dan keahlian dalam kepariwisataan warga desa terus berkembang .Dengan demikian pariwisata bakal bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatkan ekonomi warga desa. Secara luas,Pokdarwis bertanggungjawab penuh mengenai bagaimana menciptakan manfaat kepariwisataan bagi warga masyarakat ( terutama anggota pokdarwis itu sendiri )dan secara koordinasian terus berupaya mensukseskan pembangunan kepariwisataan di desa.

Peran pokdarwis mengembangkan wisata didesa sangat terasa manfaatnya,berkat peran pokdarwis, desa menjadi destinasi wisata alam nan senjuk yang dimiliki desa.Awalnya, warga menjadikan Pulau sebgai obyek wisata didesa.Gegara yang yang sangat luas memanglah cantik dan memiliki magnet yang sangat mempesona.

Ketika wisatawan mulai berdatangan untuk mengunjunginya,pemerintah desa dan anggota pokdarwis memacu pengembangan wisata di desa.pokdarwis mengolah berbagai obyek wisata memiliki magnet wisata Pantai Gegara.Warga yang ada didesa mengembangkan potensi industri rumahan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *